Pages

Sunday, January 27, 2013

MASA LALU TELAH BERLALU SELAMANYA

     Dengan selalu mengingat-ingat masa lalu serta tragedi-tragedi di dalamnya, seseorang akan mengalami kegoncangan jiwa (sebuah penyakit yang menghancurkan kekuatan untuk hidup pada saat ini). Mereka yang memiliki tujuan yang kuat telah berhasil melampauinya dan melupakan kejadian apa pun di masa lampau, dan tidak akan pernah lagi melihat cahaya masa lalu itu. Sebab, masa lalu itu menempati tempat yang sedemikian gelap dalam relung-relung kalbu.
     Episode masa lalu kini telah berakhir sudah. kesedihan takkan mampu memperbaikinya, sikap melankolis tidak dapat menghasilkan sesuatu yang benar, dan depresi tidak akan pernah mampu mengembalikan masa lalu kedalam kehidupan ini karena masa lalu itu sudah selesai.
Janganlah hidup anda dibawah bayangan mimpi buruk masa lalu atau di bawah bayangan-bayangan sesuatu yang tidak dapatanda capai. Selamatkan diri anda dari kenangan masa lalu yang menghantui. Apakah anda mengira anda dapat mengembalikan matahari ke tempat semula ia terbit, lalu bayi ke dalam rahim ibunya, air susu ke teteknya, atau air mata kembali ke kelopak matanya ? Dengan terus-terusan mengingat masa lalu serta kejadian-kejadiannya, anda telah menempatkan diri anda pada kondisi hidup yang paling tragis dan mengerikan. 
     Mengenang masa lalu terlalu banyak adalah penghamburan masa kini. Ketika Allah menerangkan kondisi bangsa-bangsa terdahulu, Dia yang Maha Perkasa berfirman :
"itu adalah umat yang lalu"  (al-Baqarah [2] ayat: 134)
     Hari yang lalu telah berlalu dan selesai, dan anda tidak mendapatkan manfaat apapun dengan menganalisanya, atau memutar kembali roda sejarah.
Orang yang ingin hidup di masa lalu seperti orang yang coba menggergaji serbuk kayu. Orang-orang zaman dahulu sering berkata, "Jangan pindahkan orang mati dari kuburnya".
     Sebuah malapetaka bagi kita jika tidak mampu berhubungan dengan masa kini, di mana kita telah menyia-nyiakan istana kita yang indah, dan kita malah meratapi bangunan yang telah hancur. Jika setiap manusia dan jin bersama-sama membawa kembali masa lalu, tentu mereka akan gagal. Segala yang ada di atas bumi saja selalu bergerak maju untuk mempersiapkan musim yang baru, maka anda juga harus berbuat deikian.


#####DON"T BE SAD#####

0 comments:

Post a Comment